Jaga Gigi Sehat? Ternyata Benang Gigi Tak Diperlukan Sama Sekali

Jaga Gigi Sehat? Ternyata Benang Gigi Tak Diperlukan Sama Sekali


Setiap orang umumnya pasti menjaga kesehatan gigi dengan cara menyikat gigi. Tapi beberapa orang yang ingin lebih bersih menjaga kesehatan gigi akan menambahkan treatment pembersihan gigi dengan dental floss atau benang gigi.

Tapi tahukah kamu bahwa ternyata sebenarnya dental floss tak diperlukan sama sekali lho untuk membersihkan gigi. Pernyataan dari US departments of Health and Human Services and Ariculture mengatakan hal lain mengenai manfaat menggunakan benang gigi. Menurut mereka, sebenarnya kita tak benar-benar butuh benang gigi.

Padahal benang gigi selama ini dipercaya dapat membersihkan dengan baik sisa makanan di sela-sela gigi yang tak bisa jangkau sikat gigi. Benang gigi berperan penting mencegah plak gigi dan gigi berlubang karena aktivitas bakteri di sela-sela gigi akibat gigi kurang bersih.

Bagaimana pun, ternyata pernyataan bahwa benang gigi bisa menyingkirkan plak secara keseluruhan belum bisa dibuktikan secara ilmiah. Ada pun penelitian mengenai dental floss dilakukan dalam skala kecil dengan partisipan tak lebih dari 25 orang dan hanya dilakukan dalam waktu sebentar.

Hal ini pun tak terlepas dari pendanaan dari produsen dental floss sendiri, sehingga penelitian dikhawatirkan memberikan hasil yang bias atau tidak objektif. Meski begitu, jika kamu termasuk yang sudah sering memakai dental floss atau benang gigi dan merasa nyaman menggunakan ini untuk membantu membersihkan gigi, tidak masalah meneruskan kebiasaan.

Lagipula benang gigi lebih aman digunakan membersihkan sela gigi dibandingkan tusuk gigi yang bisa melukai gusi dan punya risiko memasukkan bakteri ke dalam tubuh lewat luka tusuk di gusi.
Copyright © Fakta Dunia Kesehatan. All rights reserved. Template by Amanbet