5 Hal Aneh Yang Terjadi Pada Payudara Saat Kamu Hamil

5 Hal Aneh Yang Terjadi Pada Payudara Saat Kamu Hamil


Saat kamu positif hamil, akan ada banyak hal-hal baru yang akan terjadi dalam tubuhmu dan salah satunya adalah perubahan pada payudara. Uniknya, payudaramu akan memberikan reaksi-reaksi unik untuk mempersiapkan diri menyambut jabang bayi.

Dada jadi membesar

Ini adalah hal umum yang terjadi saat kamu hamil. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Aesthetic Surgery Journal menemukan bahwa ptosis (payudara mengendur) akan dihentikan selama hamil, sebaliknya justru akan lebih kencang dan padat.

Besarnya tak sama antara kanan dan kiri

Wajar jika memang payudaramu tidak sama besar, semua orang pun tahu itu. Tapi ketika hamil, perbedaan ini bisa terlihat jelas. Payudara yang cenderung akan digunakan untuk menyusui biasanya akan lebih besar, begitu juga bagian putingnya.

Ada bayi menangis, payudaramu mengeluarkan air susu

Jika kamu sudah masuk masa menyusui, payudara pasti akan lebih padat karena produksi ASI bahkan seringkali cairan keluar sendiri tanpa kamu sadari. Uniknya, payudaramu akan bereaksi ketika mendengar tangisan bayi, bahkan jika itu bayi orang lain. menurut U.S. Department of Health and Human Services, payudara akan dengan sendirinya menghasilkan air susu, karena reaksi alami seorang ibu.

Payudara membesar atau justru mengecil

Setelah kamu hamil, ada kemungkinan payudaramu berubah dalam hal ukuran maupun bentuk. Bahkan ketika kamu sudah tak menyusui, umumnya payudara akan tetap besar, namun ada kemungkinan mengecil juga lho. Hal ini dipengaruhi faktor genetik, usia atau karena berat badan.

Payudara mengendur

Menurut dokter kandungan Dr. Soika, setiap kehamilan, kepadatan payudara akan berkurang dan cenderung akan turun. Namun bersyukurlah karena masa hamil dan menyusui hingga payudaramu menjadi turun justru bisa menurunkan risiko kanker payudara lho.

Jadi, itu dia beberapa perubahan payudara yang bisa terjadi saat kamu hamil. Kamu mungkin mendengar banyak cerita wanita lain, atau akan mengalaminya sendiri. Yang pasti semua hal di atas menunjukkan kalau kamu sehat dan wajar adanya.
Copyright © Fakta Dunia Kesehatan. All rights reserved. Template by Amanbet