Benarkah Anak Kembar Akan Berumur Lebih Panjang?

Benarkah Anak Kembar Akan Berumur Lebih Panjang?



Beberapa orang ada yang memimpikan punya saudara kembar atau bahkan anak kembar. Ada satu pernyataan yang menyebutkan bahwa orang kembar ternyata memiliki peluang untuk hidup lebih lama alias berumur panjang. Nah, benarkah hal tersebut Ladies?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Washington seperti yang telah dilansir oleh boldsky.com mengungkapkan bahwa seseorang yang memiliki saudara kembar ternyata punya peluang untuk berumur panjang dibandingkan yang tidak. Orang kembar ternyata memiliki tingkat kematian yang lebih rendah dan ini berlaku untuk semua kembar baik laki-laki maupun perempuan. Para peneliti mempercayai ini karena orang kembar memiliki hubungan sosial yang dekat dan orang kembar cenderung lebih senang dan sering berbagi dengan saudara kembar mereka.

Data penelitian ini didapatkan dari Twin Registry Denmark. Para peneliti melakukan penelitian terhadap 2.932 anak kembar dengan jenis kelamin sama yang lahir dari 1870 hingga 1900. Data lalu dibandingkan dengan data kematian populasi Denmark secara keseluruhan. Hasil yang didapat ternyata membuktikan bahwa orang kembar cenderung lebih panjang umur enam persen lebih banyak dibandingkan yang tidak.

Lebih lanjut para peneliti mengungkapkan bahwa faktor panjang umur ini dikarenakan hubungan sosial yang dimiliki oleh orang kembar. Hubungan sosial keduanya bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Orang kembar akan saling mendukung saat saudara mereka kesusahan. Salah satu akan memberikan a shoulder to cry on saat saudara mereka sedih, atau saling merawat saat kembaran mereka sakit. Saudara kembar juga akan berbagi kebahagiaan saat keduanya sedang gembira. Saudara kembar akan saling memberikan support materi dan emosional. 
Copyright © Fakta Dunia Kesehatan. All rights reserved. Template by Amanbet