Pilih Mana Yang Lebih Sehat, Pasta atau Kentang Goreng?

Pilih Mana Yang Lebih Sehat, Pasta atau Kentang Goreng?


Ngemil memang menjadi satu kebiasaan yang susah dihilangkan, apalagi jika kamu suka makan pasta semacam spaghetti atau kentang goreng. Kentang goreng yang siap goreng seperti di supermarket, memang termasuk cemilan yang tak sehat. Kandungan nutrisinya rendah dengan kalori yang tinggi.

Begitu pula dengan pasta, yang mengenyangkan tapi mudah bikin gemuk. Belum lagi tambahan saus atau keju. Baik pasta maupun kentang goreng merupakan sumber karbohidrat sederhana yang gampang membuat tubuh gemuk. Tapi bagaimana jika kamu harus memilih satu, mana kira-kira yang lebih sehat?

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American College of Nutrition, ternyata makan kentang goreng bisa lebih memuaskan dan mengenyangkan dibanding makan pasta atau makanan sumber karbohidrat lainnya. 
Para peneliti meminta partisipan untuk makan selama 5 hari dengan menu sarapan normal, makan siang berbahan karbohidrat, dan makan malam biasa. Di hari lain, partisipan mendapatkan makan siang dengan menu lain yang tidak berbahan karbohidrat namun dengan jumlah kalori yang sama.

Mereka pun ditanya, makanan apa yang membuat mereka lebih kenyang dan tidak ingin makan lagi antara menu makan siang berbahan karbohidrat. Ternyata, para partisipan mengatakan bahwa mereka lebih puas dan kenyang ketika ngemil atau makan kentang goreng dibandingkan pasta atau makanan lain berbahan karbohidrat.

Secara umum, mereka jadi kehilangan nafsu makan atau ngemil jika mereka sudah makan kentang goreng saat siang hari. Meski memang tetap tak sehat, tapi dibanding sumber karbohidrat lainnya, kentang goreng lebih mengenyangkan. Jadi jika harus memilih mau ngemil apa, mungkin kentang goreng lebih baik.

Tapi bagaimana pun peneliti menyarankan agar tetap membatasi konsumsi kentang goreng instan karena rendah nutrisi, dan tidak begitu sehat meski mengenyangkan.
Copyright © Fakta Dunia Kesehatan. All rights reserved. Template by Amanbet